Pendidikan Anak Usia Dini dalam Keluarga Kristen Sebagai Upaya Menghadapi Pengaruh Sekularisme

Carolina Etnasari Anjaya, Yonatan Alex Arifianto, Andreas Fernando, Reni Triposa

Abstract


Abstract. Education for early childhood in the family is important and criticalally to be carried out in the midst of the secularism dominance. This paper aimed to examine the important role of the Christian family in early childhood education in order to prevent the negative influence of secularism. Through a literature study, this study showed that early childhood education cannot simply be given to educational institutions or churches. The family is actually the most effective place for education for children at an early age. In addition, family who is responsible for carrying out early childhood education is at the same time carrying out the Great Commission of the Lord Jesus.

Abstrak. Pendidikan untuk usia dini dalam keluarga menjadi hal penting dan genting untuk dilaksanakan di tengah-tengah dominasi paham sekularisme. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji peran penting keluarga Kristen dalam pendidikan anak usia dini dalam rangka membendung pengaruh negatif paham sekularisme. Melalui studi pustaka, kajian ini menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini tidak bisa begitu saja diserahkan kepada lembaga pendidikan ataupun gereja. Keluarga justru menjadi tempat pendidikan yang paling efektif bagi anak pada usia dini. Selain itu, keluarga yang bertanggung jawab menjalankan pendidikan anak usia dini adalah sekaligus telah menjalankan Amanat Agung Tuhan Yesus.


Keywords


early childhood education; the Great Commission; Christian family; secularism; PAUD; pendidikan anak usia dini; Amanat Agung; keluarga Kristen, sekularisme

Full Text:

PDF

References


A’yun, Qurrota, Nanik Prihartanti, and Chusniatun. “Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling).” Jurnal Indigenous 13, no. 2 (2015): 33–40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601.

Anting, Y. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dan Pembentukan Kerohanian Anak Usia Dini Pada Era Abad Ke-21.” Inculco Journal of Christian Education 1, no. 1 (2021): 17–32. http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/view/3.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologi Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Regulafidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (June 15, 2021): 45–59. https://doi.org/10.46307/RFIDEI.V6I1.84.

Bakken, Linda, Nola Brown, and Barry Downing. “Early Childhood Education: The Long-Term Benefits.” Journal of Research in Childhood Education 31, no. 2 (2017): 255–69. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1273285.

Bandur, Hironimus. “Keluarga Katolik, Mea Dan Sekularitas.” Jurnal Alternatif-Wacana Ilmiah Interkulutral 1, no. 2 (2017): 35.

Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 1 (2020): 107–19.

Diana, Ruat. “Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 27–39. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.79.

Gea, Almosen Eli. “Manajemen Kelas Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Terhadap Pembelajaran Kimia.” Universitas Pelita Harapan, 2019.

Handi Irawan D, Cemara A. Putra. “Orang Tua Tidak Peduli Pertumbuhan Kerohanian Anak.” Bilangan Research, 2018. http://bilanganresearch.com/orang-tua-tidak-peduli-pertumbuhan-kerohanian-anak.html.

Hastuti, Ruwi. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pusat Bermisi.” Jurnal Antusias 2, no. 4 (2013): 23–68.

Hia, Mercy. “Pengenalan Injil Dalam Hikmat Allah Dan Hikmat Dunia Berdasarkan Teks 1 Korintus 1: 18.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 1, no. 2 (2021): 158–66.

Hura, Sudiria, and Marde Christian Stenly Mawikere. “Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak Dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 15–33. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12.

Hutabarat, Oditha R. “Mendidik Anak Berkarakter Kristen Mengatasi Kekerasan.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 1, no. 2 (2019). https://doi.org/10.36972/jvow.v1i2.12.

Jamaluddin, Jamaluddin. “Sekularisme: Ajaran Dan Pengaruhnya Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2013).

Kompas.com. “Modernisasi: Definisi Dan Dampaknya.” 13 Desember, 2020. https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/13/173651169/modernisasi-definisi-dan-dampaknya.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Dan Penanaman Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana, 2012.

Manik, Robert Pius. “Ritual Maggid Sebagai Model Berkatekese.” Seri Filsafat Teologi Widya Sasana 28, no. 27 (2018): 130–44.

Marbun, Pardomuan. “Konsep Dosa Dalam Perjanjian Lama Dan Hubungannya Dengan Konsep Perjanjian.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 1, no. 1 (May 7, 2020): 1–16. https://doi.org/10.46348/car.v1i1.9.

Matondang, Asnawati. “Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Masyarakat Sosial Masyarakat.” Wahana Inovasi 8, no. 2 (2019): 189–94.

Mawarni Purnamasari, and Na’imah Na’imah. “Peran Pendidik Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Pelita PAUD 4, no. 2 (2020): 295–303. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.990.

Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Index, 2017.

Nuhamara, Daniel. “Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 93.

Pachoer, Datoek A. “Sekularisasi Dan Sekularisme Agama.” Jurnal Agama Dan Lintas Budaya 1, no. 1 (2016): 91–102.

Pattinama, Claartje. “‘Peranan Orang Tua Terhadap Perkembangan Pendidikan Anak Dalam Keluarga Kristen,.’” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6, no. 3, no. 3 (2020): 199-205.

Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2020): 86–97.

Sibarani, Yosua. “Peran Orang Tua Dalam Mewariskan Iman Bagi Dalam Era Revolusi Industri 4 . 0.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 3, no. 1 (March 5, 2021): 14–33. http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/index.php/gamaliel/article/view/61.

Siswoyo, Hadi. “Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman Dan Karakter Anak.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 7, no. 1 (2020): 121–34. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.47.

Sunarko, Andreas Sese. “Fungsi Keluarga Dalam Persepektif Alkitab Sebagai Basis Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 79–93.

Suseno, Imam. “Evaluasi Program Pendidikan Keluarga Pada Satuan Pendidikan.” In Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, 2018.

Tafonao, Talizaro. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 121–33.

Tety, Tety, and Soeparwata Wiraatmadja. “Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 1 (2017): 55. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i1.56.

Umrati, Wijaya, Hengki. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Teologia Jaffray. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Kualitatif_Teori_Konsep_da/GkP2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=analisis+data+miles+dan+huberman&printsec=frontcover.

Wenas, Maria Lidya, and I Putu Ayub Darmawan. “Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2017): 118. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i2.69.

Wiguna, I. B. A. A. & Sunariyadi, N. S. “Peran Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 3 (2021): 328-341.

Wirawan, Aprianto. “Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pendekatan Pembentukan Karakter Anak.” Harati: Jurnal Pendidikan Kriste, 2021. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/view/29.

Wulandari, Dewi Asri, Saefuddin Saefuddin, and Jajang Aisyul Muzakki. “Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 2 (2018): 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216.

Wulandari, Putri Aprilia, Nabila Agata Amalia, Arif Lulus Mutmainah Maratus Sholiehah. “Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Penanaman Kesadaran Lingkungan.” FKIP E-PROCEEDING, 2018, 36–43.

Zaluchu, Sonny Eli. “Mengkritisi Teologi Sekularisasi.” Kurios 4, no. 1 (2018): 26. https://doi.org/10.30995/kur.v4i1.31.

Zulaiha, Eni. “Spiritualistas Taubat Dan Nestapa Manusia Moderen.” Syifa Al-Qulub 2, no. 2 (2018): 33–40.




DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v7i1.660

Article Metrics

Abstract view : 1397 times
PDF - 1768 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:

View My Stats

Online ISSN : 2541-3945

Printed ISSN : 2541-3937

Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.