Yesus Kristus sebagai Figur Guru yang Humanis

Sarah Andrianti, Yemima Truly Kasseh, Lala Nokita Dewi

Abstract


Abstract. This study aimed to provide an alternative for humanistic Christian Religious Education in building the students’ abilities and character so that they can live well in community. This research was carried out by using the literature study method through an in-depth study of related factual and relevant library sources. This study showed that Jesus Christ is a humanist teacher because He teached according to the context of the needs of His listeners. As the Great Teacher, Jesus should be an inspiration for Christian Religious Education Teachers in carrying out humanistic education.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang humanis dalam membangun kemampuan dan karakter peserta didik agar dapat hidup sebagaimana manusia harus berperilaku dan diperlakukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi pustaka melalui kajian mendalam terhadap sumber-sumber pustaka terkait yang faktual dan relevan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Yesus Kristus merupakan figur Guru yang humanis oleh karena Ia mengajar sesuai konteks kebutuhan pendengar-Nya. Sebagai Guru Agung, Yesus semestinya menjadi inspirasi bagi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam menjalankan Pendidikan yang humanis.


Keywords


Jesus Christ; Christian Religion Education; humanist; the Great Teacher; contextual; Yesus Kristus; Pendidikan Agama Kristen; humanis; Guru Agung; kontekstual

Full Text:

PDF

References


Asfiati. Pendekatan Humanis Dalam Pengembangan Kurikulum. Medan: Perdana Mulia Sarana, 2016.

Bertrand, Russell. Sejarah Filsafat Barat: Kaitannya Dengan Kondisi Sosio-Politik Zaman Kuno Hingga Sekarang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. “Menciptakan Belajar Yang Humanis Tantangan Pendidik Yang Profesional Dan Berkarakter.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 4, no. 2 (January 5, 2016): 154–65. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V4I2.12420.

Hoffecker, W. Andrew. Membangun Wawasan Dunia Kristen. Volume 2: Alam Semesta, Masyarakat, Etika. Surabaya: Momentum, 2008.

Indratno, A. Ferry T. Penziarahan Panjang Humanisme Mangunwijaya. Jakarta: Kompas, 2009.

Manalu, Napoleon. “Teologi Dan Teknologi Dalam Pandangan Sekuralisasi Di Era Post Modernitas.” JURNAL KADESI 3, no. 2 (July 31, 2021): 51–84. https://doi.org/10.54765/EJURNALKADESI.V3I2.3.

Mangunhardjana, A. Isme-Isme Dalam Etika Dari A Sampai Z. Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Nainggolan, John. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan Dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.

Non-Serano, J. B. Profesionalisme Guru Dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Prince, J. M. Yesus Guru Agung. Lembaga Literatur Baptis, n.d.

Qodir, Abd. “Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 4, no. 2 (December 31, 2017): 188–202. https://doi.org/10.33650/PJP.V4I2.17.

Sidjabat, BS. Menjadi Guru Professional Sebuah Perspektif Kristiani. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2000.

Silitonga, Sam. Nilai-Nilai Kependidikan Dari Yesus Dan Sistem Kependidikan Nasional. Medan: Manora, 2000.

Soegiarto, Samuel. “Konsep Kasih Allah Menurut Choan-Seng Song Dan Aplikasinya Terhadap Pelaksanaan Misi Gereja-Gereja Di Indonesia.” Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 13, no. 2 (October 1, 2012): 231–50. https://doi.org/10.36421/VERITAS.V13I2.262.

Sugiharto, Bambang. Humansime Dan Humaniora. Bandung: Matahari, 2013.

Tampenawas, Alfons Renaldo, Erna Ngala, and Maria Taliwuna. “Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (December 10, 2020): 214–31. https://doi.org/10.47530/EDULEAD.V1I2.44.




DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v7i1.650

Article Metrics

Abstract view : 785 times
PDF - 888 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:

View My Stats

Online ISSN : 2541-3945

Printed ISSN : 2541-3937

Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.