Refleksi Teologis terhadap Tingkat Stress Guru selama Pandemi Covid-19
Abstract
Abstract. This study aimed to analyze and provide theological reflection on the stress levels of Christian Religious Education teachers during the Covid-19 pandemic as a result of online learning activities. This research was conducted by using quantitative methods with simple linear regression analysis. The subjects of the research were 197 teachers of Christian Religious Education and Character in Surakarta at the primary secondary education degree, with 127 respondents as the sample. The results showed that the pandemic had indirectly increased the stress level of Christian Religious Education teachers in Surakarta. Theologically Christian Religious Education teachers need to motivate themselves according to the example of Jesus as the Great Teacher so that they can reduce stress level in teaching during the pandemic.
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan refleksi teologis terhadaa tingkat stress guru Pendidikan Agama Kristen selama pandemi Covid-19 sebagai akibat dilaksanakannya kegaitan pembelajaran secara daring. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di kota Surakarta pada jenjang pendidikan dasar menengah dengan jumlah 197 guru, dengan 127 responden digunakan sebagai sampel. Hasilnya menunjukkan bahwa pandemi secara tidak langsung meningkatkan stress guru Pendidikan Agama Kristen di Kota Surakarta. Secara teologis guru Pendidikan Agama Kristen perlu memotivasi diri sesuai keteladanan Yesus sebagai Guru Agung sehingga dapat mengurangi tingkat stress dalam mengajar selama masa pandemi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana, 2017.
Dwi Yuni Astuti, Sabar Santoso, and Dwiana Estiwidani. “Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kejadian Infeksi Menular Seksual pada Wanita Usia Subur di Puskesmas Sleman.” Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan, 2017. Accessed April 16, 2021. http://poltekkesjogja.ac.id.
Edgina, Harini, and Mariana Bangngu. “Adversity Quotient Dan Stres Kerja Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Pada Guru SMP Swasta Di Kupang.” Jurnal Kreatif Online 7, no. 3 (September 27, 2019): 1–10. Accessed April 16, 2021. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/13595.
Hadiwardoyo, Wibowo. “Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19.” Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship 2, no. 2 (April 23, 2020): 83–92. Accessed April 16, 2021. www.cnbcindonesia.com.
Harahap, Musaddad, and Ary Antony Putra. “Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Stres Guru Di SMA Negeri 1 Kampar Kiri Hilir.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2, no. 1 (June 15, 2017): 1–20. Accessed April 16, 2021. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/896.
Jamieson, R., A. R. Fausset, and D. Brown. “Commentary Critical and Explanatory on the Whole Bible.” Oak Harbor: Logos Research Systems, Inc., 1997.
Jonch, Christian. “Yesus Sebagai Guru: Studi Injil Yohanes.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 8, no. 2 (2007): 257–276.
Losyk, Bob. Kendalikan Stres Anda! Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.
Muhbar, Fandi, and Dwi Heppy Rochmawati. “Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Beban Kerja Guru di Sekolah Luar Biasa.” Jurnal Keperawatan Jiwa 5, no. 2 (February 11, 2019): 82. Accessed April 16, 2021. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/4490.
Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, and Ratna Setyowati Putri. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (April 15, 2020): 1–12. Accessed April 16, 2021. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Putranto, Canggih. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Kerja : Studi Indigenous Pada Guru Bersuku Jawa.” Journal of Social and Industrial Psychology 2, no. 2 (2013). Accessed April 16, 2021. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip.
Rahman Riyanda, Afif, Kartini Herlina, B Anggit Wicaksono, Fkip Universitas Lampung Jl Sumantri Brojonegoro No, Gedong Meneng, and Bandar Lampung. Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora. Vol. 4, 2020. Accessed April 16, 2021. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669.
Rahmani, Ima Sri. “Analisis Sosial Psikologis Perkembangan Dan Penanganan Penyakit Menular.” Buletin Psikologi 13, no. 2 (2005).
Rahmawati, Septiana Dwi. “Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang.” Universitas Negeri Semarang, 2009.
Rusmana, Agus. The Future of Organizational Communication in the Industrial Era 4.0: Book Chapter Komunikasi Organisasi. Media Akselerasi, 2019.
Samudro, Eko G, and M. Adnan Madjid. “Pemerintah Indonesia Menghadapi Bencana Nasional Covid -19 Yang Mengancam Ketahanan Nasional.” Jurnal Ketahanan Nasional 26, no. 2 (September 18, 2020): 132–154. Accessed April 16, 2021. http://jurnal.ugm.ac.id/JKN.
Santrock, John W. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2003.
Sekaran, Uma. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Septivany, Mayang. “Pengaruh Religiusitas, Dukungan Sosial Dan Sense of Humor Terhadap Kecemasan Akan Kematian Pada Orang Dengan HIV–AIDS (ODHA).” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2015.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2013.
Soewarno, Hasmina, and Faiza. “Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di SD Negeri 10 Banda Aceh.” Jurnal Pesona Dasar 2, no. 4 (2016): 36.
Sumampouw, Oksfriani Jufri. Pemberantasan Penyakit Menular. Yogyakarta: Penerbit DEEPUBLISH, 2017.
Supardan, ed. Ilmu Teknologi Dan Etika. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996.DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v5i2.458
Article Metrics
Abstract view : 1124 timesPDF - 1108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.