Peran Penting Keteladanan Dosen Teologi Berdasarkan Interpretasi atas Teks 1 Timotius 4:12
Abstract
Abstract. This research highlights the important exemplary role that theology lecturers must have. In this case, theology lecturers are not only required to have academic competence, but must also be able to provide role models for the students they supervise. The method used in this research was the literature study method to examine the text of 1 Timothy 4:12. The results of this research show that exemplary in speech, behavior, love and academic integrity are the main competencies that must be possessed by theology lecturers to be able to form students' spirituality and character.
Abstrak. Penelitian ini menyoroti peran penting keteladan yang harus dimiliki oleh dosen teologi. Dalam hal ini, dosen teologi tidak hanya dituntut untuk memiliki kompetensi akademik, namun juga harus dapat memberikan keteladanan bagi mahasiswa yang dibimbingnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur untuk mengkaji teks 1 Timotius 4:12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keteladanan dalam perkataan, perilaku, kasih, dan dalam integritas akademik menjadi kompetensi utama yang harus dimiliki oleh dosen teologi untuk dapat membentuk spiritualitas dan karakter mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AP, Jufri, Wahyu Kurniati Asri, and Misnah Mannahali. Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan Dan Metode Yang Efektif. Yogyakarta: Ananta Vidya, 2023.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Bali, Markus Masan. “Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa.” Humaniora 4, no. 2 (2013): 1732–37. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508.
Burhan, Asmawati. Buku Ajar Etika Umum. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.
Cochran-Smith, Marilyn, Megina Baker, Stephani Burton, Wen Chia Chang, Molly Cummings Carney, M. Beatriz Fernández, Elizabeth Stringer Keefe, Andrew F. Miller, and Juan Gabriel Sánchez. “The Accountability Era in US Teacher Education: Looking Back, Looking Forward.” European Journal of Teacher Education 40, no. 5 (October 20, 2017): 572–88. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1385061.
Corbin, Catherine M., Pilar Alamos, Amy E. Lowenstein, Jason T. Downer, and Joshua L. Brown. “The Role of Teacher-Student Relationships in Predicting Teachers’ Personal Accomplishment and Emotional Exhaustion.” Journal of School Psychology 77 (December 1, 2019): 1–12. https://doi.org/10.1016/J.JSP.2019.10.001.
Edison, Thomas. Pendidikan Nilai-Nilai Kristiani. Bandung: Kalam Hidup, 2018.
Gule, Yosefo. Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial Dan Keteladanan Guru). Jawa Barat: CV Adanu Abimata, 2022.
Gulo, Hisikia. “Mengaplikasikan Model Keteladanan Hamba Tuhan Berdasarkan 1 Timotius 4:12.” Bonafide: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 68–82. https://doi.org/10.46558/bonafide.v2i1.47.
Kahiking, Jannet Gloria Monika. “Peran Keluarga Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Teologi Fakultas UKSW Angkatan 2017 Dari Perspektif Pendampingan Pastoral (Peran Pastoral Terhadap Kesehatan Mental).” Universitas Satya Wacana, 2022.
Kamaluddin, Kamaluddin, and Junaidin Junaidin. “Etika Tenaga Kependidikan Universitas Mbojo Bima Dalam Pelayanan Publik.” Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 4, no. 6 (2024): 811–20. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.313.
Kandiri, Kandiri, and Arfandi Arfandi. “Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 6, no. 1 (July 21, 2021): 1–8. https://doi.org/10.35316/EDUPEDIA.V6I1.1258.
Kenneth Jones, Lee, and Rebecca L. Hite. “Who Wants to Be a Scientist in South Korea: Assessing Role Model Influences on Korean Students’ Perceptions of Science and Scientists.” International Journal of Science Education 42, no. 16 (November 1, 2020): 2674–95. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1829158.
Kurniawan, Fery, Ricard Ricard, Napriadi Napriadi, Ni Kadek Sri Widyawati, and Lenda Debora J. F. Sagala. “Kompetensi Kepribadian Guru Berdasakan 2 Timotius 3: 10-17.” Jurnal Kala Nea 2, no. 2 (2021): 116–27. https://doi.org/10.61295/kalanea.v2i2.114.
Lase, Famahato. “Kompetensi Kepribadian Guru Profesional.” Jurnal PPKn Dan Hukum 11, no. 1 (2016): 36–66.
Mahni, Syarifah. “Identifikasi Perilaku Mahasiswa Terhadap Dosen Dan Karyawan.” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh, 2018.
Musbikin, Imam. Tentang Pendidikan Karakter Dan Religius Dasar Pembentukan Karakter. Nusa Media, 2021.
Nugroho, Imam Setyo. Integritas Akademik Dan Religiusitas Problematika Pendidikan Di Era Society 5.0. Jawa Timur: PT Prime Identity House, 2023.
Nurhayani. “Internalisis Nilai Karakter Kejujuran Siswa Melalui Metode Pembiasaan Di MIN 1 Lebong.” Institut Agama Isla Negeri IAIN Curup, 2023.
Nurpratiwi, Hany. “Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moral.” Jipsindo 8, no. 1 (2021): 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954.
Samarenna, Desti, and Harls Evan R. Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4:12 Bagi Mahasiswa Teologi.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.60.
Sidjabat, BS. Membangun Pribadi Unggul, Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter. Yogyakarta: ANDI, 2011.
Sirait, Jannes Eduard, and Purim Marbun. Guru Profesional, Inspiratif, Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset, 2022.
Suprayitno, Adi, and Wahid Wahyudi. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.
Tobing, Nova Anggreani L., and Elfrida Siringo-ringo. “Penerapan Keteladanan Hidup Menurut 1 Timotius 4:12 Bagi Remaja Gereja Kristen Maranatha Indonesia Jemaat Isa Almasih Medan Tahun 2018.” Providensi: Jurnal Pendidikan Dan Teologi 2, no. 1 (2019): 1–19. https://doi.org/10.51902/providensi.v2i1.54.DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v9i1.1385
Article Metrics
Abstract view : 114 timesPDF - 81 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.