Kolaborasi Adaptif Pendidikan Agama Kristen Keluarga: Upaya Merevitalisasi Pemikiran Thomas H. Groome dan Robert Boehlke
Abstract
Abstract. The implementation of Christian Religious Education in the family is a task that needs to be seriously considered and attempted by parents as a way to achieve the values of Christian faith in the family. Thus, Robert Boehlke proposed the important role of parents who are equipped with knowledge, skills and spiritual guidance. Meanwhile, Thomas H. Groome proposed the importance of a critical reflection approach that focuses on the cognitive aspects of children. Boehlke's thinking emphasizes the role of parents without considering parental responsibility, while Groome's thinking emphasizes the independence of children which refers to a critical reflection centered on cognitive formation. Therefore, in this study the author proposes adaptive collaboration in family education as a form of implementing education that focuses on cooperation between parents and children who adjust to each other in their respective roles. This education includes five focuses, namely cognitive, affective, conative, psychomotor, and spiritual development.
Abstrak. Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen dalam keluarga menjadi tugas yang perlu dipikirkan dengan serius dan diupayakan oleh orangtua sebagai suatu cara dalam mencapai eksistensi keluarga yang hidup dalam nilai-nilai iman Kristen. Melihat hal ini, Robert Boehlke mengusulkan pentingnya peran orangtua yang diperlengkapi dengan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan pembimbingan rohani. Sedangkan Thomas H. Groome mengusulkan pentingnya pendekatan refleksi kritis yang berfokus pada aspek kognitif anak. Terlihat bahwa pemikiran Boehlke tersebut lebih menekankan peran orangtua tanpa mempertimbangkan tanggung jawab orangtua, sedangkan pemikiran Groome lebih menekankan kemandirian anak yang merujuk pada sebuah refleksi kritis dengan berpusat pada pembentukan kognitif. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis mengusulkan kolaborasi adaptif dalam pendidikan keluarga sebagai bentuk pelaksanaan pendidikan yang berfokus pada sebuah kerja sama antara orangtua dan anak yang saling menyesuaikan diri dalam perannya masing-masing. Pendidikan ini mencakup lima fokus, yaitu pengembangan kognitif, afektif, konatif, psikomotor, dan kerohanian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkouw, Semuel Ruddy, and Simon Simon. “Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2020): 29–44.
Ardhiyansyah, Andri, Nur Wahyuning Sulistyowati, Nanda Hidayati, and Esti Handayani. “Inovasi Berkelanjutan: Pendekatan Kolaboratif Untuk Mengatasi Tantangan Sosial-Ekonomi Di Provinsi Jawa Barat.” Jurnal Pengabdian West Science 2, no. 06 (2023): 460–67. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i6.451.
Banerjee, Neena, Elizabeth Stearns, Stephanie Moller, and Roslyn Arlin Mickelson. “Teacher Job Satisfaction and Student Achievement: The Roles of Teacher Professional Community and Teacher Collaboration in Schools.” American Journal of Education 123, no. 2 (2017).
Benyamin, Priskila Issak, and Yada Putra Gratia. “Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan.” Ecodunamika 3, no. 1 (February 7, 2020). https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3274.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pemikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2023.
Crain, William. Teori Perkembangan: Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.
Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2020.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.
Illu, Arianus Hermanus, and Leniwan Darmawati Gea. “Efektivitas Konseling Kristen Melalui Pendidikan Dalam Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Injili 1, no. 1 (2021): 48–59. https://doi.org/10.55626/jti.v1i1.6.
Junaedi, Mahfud. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Kencana, 2017.
Kaban, Sri Rejeki Ulina. “Metafora Homemaking Dalam Pendidikan Kristiani Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (2021): 1–15. https://doi.org/10.30648/dun.v6i1.416.
Khair, Ummul. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2018): 81.
Lilawati, Agustin. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 549–58.
Nova, Ritonga, and Djoys Anneke Rantung. “Evaluasi Implementasi PAK Keluarga Di GKRI Jemaat Diaspora Cawang Jakarta Timur.” Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2018): 107–30.
Novianti, Ria. “Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial 7, no. 1 (2018): 26–33. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5101.
Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso, and Sukatin Sukatin. “Aspek Psikologis Organisasi Pendidikan Efektif.” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 12, no. 1 (2021): 83–102. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.182.
Pritaningrum, Meidiana, and Wiwin Hendriani. “Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama.” Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial 2, no. 3 (2013): 134–43.
Rahman, Habibu, Rita Kencana, and Nur Faizah. Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi PAUD. Edu Publisher, 2020.
Ramdani, Zulmi, Silmi Amrullah, and Lidwina Felisima Tae. “Kolaborasi Antara Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Dalam Menciptakan Sistem Pendidikan Yang Berkualitas.” Mediapsi 5, no. 1 (2019): 40–48. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.01.4.
Sarifudin, Agus, Darwis Hude, and Ahmad Zain Sarnoto. “Metode Kolaborasi Dalam Supervisi Pendidikan Berbasis Al-Qur’an.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 02 (2023). https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4521.
Sidjabat, Samuel B. Strategi Pendidikan Kristen. PBMR ANDI, 2021.
Torres, Darlene García. “Distributed Leadership, Professional Collaboration, and Teachers’ Job Satisfaction in US Schools.” Teaching and Teacher Education 79 (2019): 111–23. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.12.001.
Zahara, H.T. Landasan Kependidikan. Kota Tangerang: PT Pustaka Mandiri, 2016.DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v9i1.1350
Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 54 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.