Refleksi Pelayanan Yesus dalam Matius 14:13-21 Melalui Program-program di Pusat Pengembangan Anak
Abstract
Abstract. This study aimed to describe the role of the Child Development Center (PPA) as a reflection of Jesus' ministry as recorded in the Gospel of Matthew 14:13-21. This study was motivated by the decreasing participation of children in PPA programs, which ultimately has implications for the spiritual aspects of children. The method in this study is descriptive qualitative. The subjects were adolescent students at PPA IO 0933 "Tresno Putro" Surakarta. The results of the study showed that the lack of children's activity in participating in PPA programs was because the existing programs were considered no longer relevant to the needs of children. Programs that previously targeted the fulfillment of physical needs have been largely discontinued. Thus, it can be concluded that as in Jesus' ministry, the fulfillment of physical needs is important before being able to touch spiritual needs.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran Pusat Pengembangan Anak (PPA) sebagai refleksi atas pelayanan Yesus yang tercatat dalam Injil Matius 14:13-21. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh makin rendahnya partisipasi anak-anak dalam program-program PPA, yang pada akhirnya berimplikasi pada aspek kerohanian anak-anak. Metode dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Subjek yang dituju adalah siswa-siswi remaja di PPA IO 0933 “Tresno Putro” Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekurangaktifan anak-anak dalam mengikuti program-program PPA adalah oleh karena program-program yang ada dianggap tidak lagi relevan dengan kebutuhan anak-anak. Program-program yang sebelumnya banyak menyasar pemenuhan kebutuhan jasmani telah banyak yang tidak lagi diselenggarakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagaimana dalam pelayanan Yesus, pemenuhan kebutuhan jasman menjadi hal yang penting sebelum dapat menyentuh kebutuhan rohani.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akinyode, Babatunde Femi, and Tareef Hayat Khan. “Step by Step Approach for Qualitative Data Analysis.” International Journal of Built Environment and Sustainability 5, no. 3 (September 26, 2018): 163–74. https://doi.org/10.11113/IJBES.V5.N3.267.
Andreas, V. “Sistem Informasi Manajemen Data Anak Di Pusat Pengembangan Anak Rahayu Endah.” Universitas Kristen Satya Wacana, 2022.
Arti, S. P. “Kurikulum Katekisasi Anak GKJ Pangkalanjati: Suatu Studi Dari Perspektif Pendidikan Agama Kristen.” Universitas Kristen Satya Wacana, 2020.
Assingkily, Muhammad Shaleh, and Mikyal Hardiyati. “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar.” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 2, no. 2 (2019): 19–31. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210.
Aunurrahaman. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2014.
Budiyanti, Hety, Akhmat Yamin, and Shine Pintor Siolemba Patiro. “Public Service Motivation Measurement: A Test of Perry’s Scale in Indonesia.” JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik) 23, no. 1 (2019): 16–32.
Kuswantoro, A. Teaching Factory: Rencana Dan Nilai Entrepreneurship. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Masaong, K. A., and A. A. Tilome. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence: Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual Untuk Meraih Kesuksesan Yang Gemilang. Bandung: CV Alfabeta, 2011.
Maslow, Abraham. Motivation and Personality. London: Harper & Row Publisher, 1954.
Rusmono. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bogor: Penerbit Ghalkia Indonesia, 2012.
Santrock, W, J. Educational Psychology. 2nd ed. Dallas: Mc Graw-Hill Company Inc., 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Method. Bandung: CV Alfabeta, 2015.
Sundberg, Mark L. “Thirty Points About Motivation From Skinner’s Book Verbal Behavior.” The Analysis of Verbal Behavior 29, no. 1 (July 8, 2017): 13–40. https://doi.org/10.1007/BF03393120.
Suryana. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat, 2013.
Tanaem, Y., and I. Djira. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Pusat Pengembangan Anak IO-0497 Benyamin Oebufu.” ISIO DEI: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 2 (2020): 180–202.
Totok Dwikoryanto, Matius I, Muner Daliman, Hana Suparti, and Paulus Sentot Purwoko. “Explanatory and Confirmatory Holistic Services Based on the Synoptic Gospels Among Children PPA Ages 14-19 Years Old Cluster Solo.” Jurnal Teologi (JUTEOLOG) 2, no. 2 (June 1, 2022): 137–64. https://doi.org/10.52489/JUTEOLOG.V2I2.67.
Usman, H. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Witherington, C. H. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru, 1978.
Yapinus, Pin Panji, Hendry Wong, Andrew Sebastian Lehman, Markus Tanubrata, Jonathan Chandra, Jimmy Agustian Loekito, Semuil Tjiharjadi, et al. “Pengenalan Komputer Disertai Pelatihan Mengetik Bagi Anak Remaja Pusat Pengembangan Anak 434 Gloria Genyem Kelurahan Tabri Provinsi Papua.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 6, no. 2 (March 27, 2022): 393–401. https://doi.org/10.29407/JA.V6I2.16952.
Yulaelawati, E. Kurikulum Dan Pembelajaran: Filosofi Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya, 2007.DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v9i1.1308
Article Metrics
Abstract view : 67 timesPDF - 36 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.