Refleksi Teogis Memaknai Dampak Pendampingan Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Perkembangan Mental Anak Korban Bullying
Abstract
Abstract. In the school environment, a teacher plays an important role in educating, entertaining, and restoring students. The purpose of this study is to describe the impact of mentoring Christian Religious Education Teachers on the mental development of children who are victims of bullying. In doing this research, the researcher used descriptive research with literature review. This article contains an overview of bullying, theological studies on bullying, and the impact of mentoring Christian Religious Education teachers in helping victims of bullying recover. It was concluded that Christian Religious Education teachers would play a maximum role in restoring victims of bullying when they actively instill Christian values in victims, become mentors, become motivators, and become friends for victims of bullying.
Abstrak. Di lingkungan sekolah seorang guru memegang peranan penting dalam mendidik, menghibur, dan memulihkan anak didik. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengambarkan dampak pendampingan Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap perkembangan mental anak korban perudungan. Dalam mengerjakan penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskripsi dengan kajian literatur. Artikel ini memuat selayang pandang tentang perudungan, kajian teologis tentang perudungan, dan dampak pendampingan guru Pendidikan Agama Kristen dalam membantu pemulihan korban perudungan. Disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen akan berperan maksimal memulihkan korban perudungan ketika aktif menanamkan nilai-nilai Kristiani pada korban, menjadi pembimbing, menjadi motivator, dan menjadi sahabat bagi korban perudungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiyana, Hardi. “PERSPEKTIF ALKITAB TERHADAP KELUARGA KRISTEN.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2018): 581–589. http://ejournal.uki. ac.id/index.php/regulafidei/article/view/983.
Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN PASCA KEBENARAN.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (June 15, 2020): 1–22. Accessed May 10, 2022. www.jurnal.sttissiau.ac.id/Volume.
Lestari, Nina Dwi, Laili Nur Hidayati, and Salis Sangadatun Abadiyah. “GERAKAN MASYARAKAT SEKOLAH TANGGAP BULLYING DALAM UPAYA PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH.” Jurnal SOLMA 8, no. 1 (April 30, 2019): 101. Accessed March 29, 2022. https://journal.uhamka.ac.id/ index.php/solma/article/view/2957.
Manurung, Kosma. “ALKITAB DAN HUBUNGAN PERTEMANAN KAJIAN TEOLOGI PENTAKOSTA MEMAKNAI HUBUNGAN PERTEMANAN DALAM ALKITAB.” VOX DEI: Jurnal Teologi dan Pastoral 2, no. 1 (June 30, 2021): 31–49. Accessed May 10, 2022. https://jurnal.sttekumene.ac.id/index.php/VoxDei/article/view/35.
———. “Memaknai Ajaran Alkitab Tentang Keadilan Allah Dari Sudut Pandang Teologi Pentakosta.” DANUM PAMBELUM: Jurnal Teologi dan Musik Gereja 1, no. 1 (2021): 95–109. https://ejournal.iaknpky.ac.id/ index.php/pambelum/article/view/37.
———. “Memitigasi Peran Orang Tua Di Keluarga Kristen Dalam Menanggulangi Dampak Disinformasi Dari Bingkai Teologi Pentakosta.” SABDA: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2021): 178–199. http://jurnalsttn.ac. id/index.php/SJT/article/view/18.
———. “MENCERMATI PENGGUNAAN METODE KUALITATIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI TEOLOGI.” FILADELFIA Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 285–300. http://e-journal. sttimanuelpacet.ac.id/index.php/filadelfia/article/view/48.
———. “Refleksi Teologi Pentakosta Di Era Kenormalan Baru Mencermati Sikap Takut Akan Tuhan Dalam Kehidupan Orang Percaya Berdasarkan Mazmur 25: 12-14.” KAMASEAN JURNAL TEOLOGI KRISTEN 2, no. 1 (2021): 16–31. https://kamasean.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatakamasean/article/view/52.
Pasaribu, Efendi. “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA KEJAHATAN DARI PERSPEKTIF HAM DI INDONESIA.” LEX ET SOCIETATIS 5, no. 4 (2017): 58–67. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexetsocietatis/article/view/16077/15583.
Patandean, Yohanes Enci. “Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Berbahagia Dalam Matius 5:3-12.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 2, no. 2 (July 31, 2018): 115. Accessed May 10, 2022. https:// journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/103.
Prijanto, Jossapat Hendra. “Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (August 2, 2017): 13. Accessed May 10, 2022. http://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/325.
Quick, Laura. “Dream Accounts in the Hebrew Bible and Ancient Jewish Literature.” Currents in Biblical Research 17, no. 1 (October 10, 2018): 8–32. Accessed February 9, 2022. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1476993X17743116.
Samarenna, Desti. “Tinjauan Teologi ‘Allah Kota Benteng’ Dalam Mazmur 46:1-12.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 2 (November 29, 2019): 15–21. Accessed January 23, 2021. http:// journal.stbi.ac.id/index.php/PSC/article/view/53.
Sari, Dwi Novita. “UPAYA PREVENTIF GURU KRISTEN DALAM MENGHADAPI DEGRADASI MORAL ANAK.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (June 27, 2019): 79–100. Accessed May 10, 2022. http://jurnal.sttstarslub.ac.id/ index.php/js/article/view/11.
Silalahi, Wesly. “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD SWASTA XAVERIUS PADANG SIDIMPUAN.” SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED 8, no. 2 (June 20, 2018): 172–181. Accessed May 10, 2022. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/9780.
Soesilo, Yushak. “Prinsip Creatio Continua Dan Imago Dei Dalam Penerapan Kloning Terapetik: Manusia Merampas Peran Allah?” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 2 (April 29, 2019): 92. Accessed May 10, 2022. http://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis/article/view/194.
Stevanus, Kalis. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 1 (June 30, 2018): 79–95. Accessed May 10, 2022. http://www.jurnalbia. com/index.php/bia/article/view/21.
Sulfemi, Wahyu Bagja, and Okti Yasita. “DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING.” Jurnal Pendidikan 21, no. 2 (September 24, 2020): 133–147. Accessed March 29, 2022. http:// jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/951.
Tri Wardoyo, Gregorius. “Redefinisi Arti Sahabat Dalam Perspektif Kitab Ayub.” Seri Filsafat Teologi 30, no. 29 (December 7, 2020): 200–215. Accessed May 10, 2022. http:// eprosiding.stftws.ac.id/index.php/serifilsafat/article/view/22.
Ulfah, Maria, and Erni Gustina. “Bullying Behavior among Students.” International Journal of Evaluation and Research in Education 9, no. 3 (August 1, 2020): 644–649. Accessed March 30, 2022. http://ijere.iaescore. com/index.php/IJERE/article/view/20437.
Wicaksono, Arif, and Dwi Anggono. “Yesus, Hamba Allah Yang Menderita.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (June 18, 2019): 142–158. Accessed May 10, 2022. http://www.stt-tawangmangu.ac. id/e-journal/index.php/fidei.
Zaluchu, Sonny. “Penderitaan Kristus Sebagai Wujud Solidaritas Allah Kepada Manusia.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (November 4, 2017): 61. Accessed May 10, 2022. http:// www.sttintheos.ac.id/e-journal/index. php/dunamis.
Article Metrics
Abstract view : 545 timesPDF - 411 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Antusias
View My Stats
Jurnal Antusias telah terdaftar di situs:
![]() | ![]() |
Copyright © Jurnal Antusias 2016. All Rights Reserved.
p-ISSN : 2087-7927.