Menilik Dampak Penggunaan Kurikulum ONEHOPE dalam Menyampaikan Firman Tuhan di Ibadah Sekolah Minggu
Abstract
Abstract. A good Sunday school requires a good, measurable, and applicable curriculum. This article wants to examine the impact of using the onehope curriculum on Sunday school children. The choice of descriptive method and support for literature review is intended to clarify the biblical point of view regarding children's education, methods in the world of education and their importance, as well as the impact of implementing the onehope curriculum on Sunday school children. It was concluded that the onehope curriculum had an impact on Sunday school children in terms of faith growth, diligent witnessing, enthusiasm for coming to Sunday school, which also had an impact on growing in their knowledge of God.
Abstrak. Sekolah minggu yang baik membutuhkan kurikulum yang baik, terukur, dan dapat diterapkan. Adapun artikel ini ingin menilik dampak penggunaan kurikulum onehope terhadap anak sekolah minggu. Pemilihan metode deskriptif dan dukungan kajian literatur dimaksudkan untuk memperjelas sudut pandang Alkitab terkait pendidikan anak, metode dalam dunia pendidikan dan artipentingnya, serta dampak penerapan kurikulum onehope terhadap anak sekolah minggu. Disimpulkan kurikulum onehope berdampak pada anak sekolah minggu dalam kaitan dengan pertumbuhan iman, rajin bersaksi, semangat datang ke sekolah minggu, yang berdampak juga pada semakin bertumbuh dalam pengenalan mereka akan Tuhan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiprasetya, Joas. “Dari Tangga Ke Taman: Multiplisitas Pertumbuhan Iman Dan Implikasinya Bagi Karya Pedagogis, Pastoral, Dan Liturgis Gereja.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (March 9, 2020): 127–142. Accessed June 1, 2022. http://www.sttintheos. ac.id/e-journal/index.php/dunamis.
Darmawan, I Putu Ayub. “Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 1 (June 17, 2019): 21. Accessed June 1, 2022. http://www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe.
Hannas, Hannas, and Rinawaty Rinawaty. “Apologetika Alkitabiah Tentang Penciptaan Alam Semesta Dan Manusia Terhadap Kosmologi Fengshui Sebagai Pendekatan Dalam Pekabaran Injil.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 1 (October 25, 2019): 55–74. Accessed June 1, 2022. http://www. sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/ dunamis.
Hendra, Vitaurus. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih Dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter.” Kurios 3, no. 1 (February 11, 2018): 48. Accessed June 1, 2022. http:// www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/ kurios.
Keriapy, Frets. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82–93.
Manurung, Kosma. “AKTUALISASI PEMAKNAAN NARASI ALLAH SEBAGAI GEMBALA BAGI ORANG PERCAYA MASA KINI DARI TITIK TOLAK TEOLOGI PENTAKOSTA.” SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 2, no. 1 (July 31, 2021): 38–59. Accessed June 1, 2022. http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/article/view/137.
———. “Memitigasi Peran Orang Tua Di Keluarga Kristen Dalam Menanggulangi Dampak Disinformasi Dari Bingkai Teologi Pentakosta.” SABDA: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2021): 178–199. http://jurnalsttn.ac. id/index.php/SJT/article/view/18.
———. “Mencermati Arti Penting Penggunaan Bahasa Cinta Anak Dalam Keluarga Kristen Di Era 5.0.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 53–70. http://stak-pesat.ac.id/ e-journal/index.php/edulead/article/ view/53.
———. “MENCERMATI PENGGUNAAN METODE KUALITATIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI TEOLOGI.” FILADELFIA Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 285–300. http://e-journal.sttimanuel pacet.ac.id/index.php/filadelfia/article/view/48.
———. “STRATEGI ORANG TUA KRISTEN DALAM MEMBANGUN DISIPLIN ANAK.” VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN 3, no. 1 (May 13, 2021): 22–39. Accessed June 1, 2022. http://jurnal.sttstarslub.ac.id/ index.php/js/article/view/177.
Nelly, Nelly. “Menerapkan Kesabaran Menurut Kitab Amsal Dalam Mengajar Sekolah Minggu.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 2, no. 1 (August 8, 2019): 20–27. Accessed June 1, 2022. http:// www.stajember.ac.id/index.php/kharismata.
Nurmaniah, Nurmaniah. “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Demonstrasi Di PAUD Binika Desa Sukaramai Kab. Langkat.” JURNAL DIVERSITA 4, no. 1 (June 29, 2018): 52. Accessed February 26, 2022. http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita.
Oci, Markus. “Implikasi Misiologi Dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen Di Gereja Lokal.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (June 18, 2019): 81–99. Accessed June 1, 2022. http:// www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei/article/view/29.
Pantan, Frans. “PENGARUH PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK USIA 7-12 TAHUN TERHADAP PERILAKU DISIPLIN ANAK DI SEKOLAH MINGGU.” EDUKASI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2018): 1–20. http://sttbi.ac.id/ journal/index.php/edukasi/article/view/63.
Panuntun, Daniel Fajar, Rinaldus Tanduklangi, Merry Adeng, and Christian Eleyazar Randalele. “Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif Bagi Generasi Alfa Di Gereja Toraja.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (December 30, 2019): 193–208. Accessed June 1, 2022. http://www. jurnalbia.com/index.php/bia.
Sitanggang, Yuliana Ria Uli. “Penyegaran Tentang Metode Penelitian Ilmiah Untuk Widyaiswara.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9, no. 1 (January 23, 2019): 40–47. Accessed June 1, 2022. https:// ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/2075.
Soesilo, Yushak. “[Resensi Buku] A Pentecostal Political Theology for American Renewal: Spirit of the Kingdoms, Citizens of the Cities.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (October 31, 2021): 397–405. Accessed June 1, 2022. https://sttintheos.ac.id/e-journal/ index.php/dunamis/article/view/646.
———. “Penggunaan Rotan Dalam Pendisiplinan Anak Menurut Kitab Amsal 23:13-14.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (September 1, 2016): 1. Accessed June 1, 2022. https:// sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/ dunamis/article/view/98.
Sugiyanto, S., S. Slamet, and S. Sugiyono. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL BERKELANJUTAN DOSEN VOKASI PADA PENDIDIKAN VOKASIONAL DI LAMPUNG.” Jurnal Pendidikan Vokasi 6, no. 3 (December 24, 2016): 292. Accessed June 1, 2022. http://journal.uny.ac.id/ index.php/jpv.
Sulastio, Hari. “Keselamatan Karena Kasih Karunia Menurut Efesus 2:1-10.” ANTUSIAS Jurnal Teologi dan Pelayanan 6, no. 1 (2020): 62–75. https://www.sttintheos.ac.id/e-journal/ index.php/antusias/article/view/307.
Suryadi, Suryadi. “PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang Provinsi Banten, Tahun Ajaran 2017/208).” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 01 (August 2, 2019): 74. Accessed June 1, 2022. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/3115.
Wadu, Ludovikus Bomans, Iskandar Ladamay, and Elisabet Elsiana Vemi. “Pembinaan Moral Anak-Anak Melalui Sekolah Minggu Di Gereja Santo Andreas Tidar Malang.” Journal of Moral and Civic Education 3, no. 2 (November 27, 2019): 108–114. Accessed June 1, 2022. http://jmce. ppj.unp.ac.id/index.php/JMCE/article/view/204.
Article Metrics
Abstract view : 167 timesPDF - 183 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Antusias
View My Stats
Jurnal Antusias telah terdaftar di situs:
![]() | ![]() |
Copyright © Jurnal Antusias 2016. All Rights Reserved.
p-ISSN : 2087-7927.