Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik

Ipiana Ipiana, Reni Triposa

Abstract


Abstract. Degradation and moral conditions that are far from good today result in the character of students in behavior that cannot be tolerated. The aim of this research is a theological study to reveal the role of Christian religion teachers as a guide to improve the character of students. With descriptive qualitative methods, the researcher analyzed the literature study to provide an understanding of the importance of Christian religious education teachers as guides in improving the character of students. Exemplary and guiding attitudes, and the role of Christian religious education teachers in character education refer to the concept and nature of character and character education in the perspective of God's Word as the basis for formation by describing the role of Christian religious education teachers as guides in improving the character of students.


Abstrak. Degradasi dan keadaan moral yang jauh dari kata baik dewasa ini mengakibatkan karakter siswa dalam prilaku yang tidak bisa ditoleransi untuk di biarkan. Yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah kajian teologis menyingkapi peran guru agama Kristen sebagai pembimbing untuk meningkatkan karakter peserta didik. Dengan metode kualitatif deskritif peneliti menganalisi dengan studi pustaka untuk memberikan pemahaman pentingnya guru pendidikan agama Kristen sebagai pembimbing dalam meingkatkan karakter peserta didik. Sikap keteladan dan membimbing, dan peran guru pendidikan agama kristen dalam pendidikan karakter mengacu pada konsep dan hakikat pendidikan karakter serta karakter dalam persepektif Firman Allah sebagai dasar pembentukan dengan mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Kristen sebagai pembimbing dalam meningkatkan karakter peserta didik.


Keywords


Christian religion teachers; characters; guiding; students; Guru Agama Kristen; karakter; membimbing; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Hidayat, A. Gafar, and Tati Haryati. “Peran Guru Profesional Dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.” Jurnal Pendidikan Ips 9, no. 1 (2019): 15–28. https://doi.org/10.37630/jpi. v9i1.169.

Apner, Grets Janialdi. “Kehadiran Gereja Dalam Kemajemukan Indonesia Dalam Terang Yes 49:6 Dan Mat 28:19.” Jurnal Teologi 7, no. 2 (November 25, 2018): 185–96. https://doi.org/10.24071/jt.v7i2.1639.

Arifianto, Yonatan Alex. “Kajian Biblikal Tentang Manusia Rohani Dan Manusia Duniawi.” JURNAL TERUNA BHAKTI 3, no. 1 (2020): 12–24.

———. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

———. “Peran Gembala Menanamkan Nilai Kerukunan Dalam Masyarakat Majemuk.” Voice Of Hamy Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 1–13.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Arifudin, Iman Syahid. “Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas V Sdn 1 Siluman.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 2 (2015): 175–86.

Busyaeri, Akhmad, and Mumuh Muharom. “Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2, no. 1 (2016): 1–17. https://doi.org/10.24235/al. ibtida.snj.v2i1.177.

Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, No. 1, no. January (2020): 1–14. http://dx.doi.org/10. 19166/dll.v2i1.2212.

Dedi, Hadian, and Yulianti Irma. “Pengaruh Kompetensi Guru Pembimbing, Iklim Organisasi, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pembimbing Pada SMA Se-Kota Cimahi.” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 5, no. 2 (2011): 63–73.

Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2, no. 1 (2019): 40–61. https://doi.org/10. 34081/fidei.v2i1.27.

Gunawan, Heri., Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. bandung: Alfabeta, 2011.

Hariyanto, Muchlas Samani &. Konsep Dan Moral Pendidikan Karakter. bandung: PT Remaja Rusdakarya, 2012.

Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen,” Kurios 4, no. 2 (2018):157-166, https://doi. org/10.30995/kur. v2i1.22.

Manullang, Megawati. “PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM PENGINJILAN.” JHC: JURNAL CHRISTIAN HUMANIORA 3, no. 1 (2019): 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v3i1.118.

Manurung, Kosma. “Efektivitas Misi Penginjilan Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Gereja.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (April 6, 2020): 225–33. https://doi.org/10.30648/dun.v4i2. 242.

———. “Studi Analisis Kontekstual Ajaran Karunia Nubuat Rasul Paulus Sebagai Dasar Evaluasi Kritis Terhadap Fenomena Bernubuat Di Gereja Beraliran Karismatik.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 4, no. 1 (October 25, 2019): 37–54. https://doi.org/10.30648/dun. v4i1.189.

———. “Taurat Dan Nubuat Palsu: Kajian Sudut Pandang Taurat Terhadap Nubuat Palsu.” Jurnal Teologi Berita Hidup 2, no. 2 (2020): 94–109. http://e-journal.sttberitahidup.ac.id/ index.php/jbh/article/view/31.

Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1 (2016): 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk. v0i1.8615.

Misdar, Muh. “KETELADANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN (Suatu Tinjauan Teoritis).” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Bengkulu 15, no. 1–16 (2016).

Mochammad Iskarim. “Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa).” Edukasia Islamika 1, no. 1 (2016): 1–20.

Nuhamara, Daniel. “Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 93. https://doi.org/10.25278/ jj71.v16i1.278.

Pendidikan, Guru, and Agama Kristen. “Dimensi Spiritualitas Dalam Kom-petensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Dimensions of Spirituality in Personality Compe-tencies Christian Religious Teacher,” 2020, 13–25.

Pertama, Menengah, Negeri Depok, and Rina Palunga. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman” 7, no. 1 (2017): 109–23. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1. 20858.

Sahartian, Santy. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2018. https://doi.org/10. 34081/fidei.v1i2.15.

Sekolah, D I. “MODEL-MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH Oleh : Uswatun Hasanah (Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung)” 7 (2016): 18–34.

Setiawan, David Eko. “Kelahiran Baru Di Dalam Kristus Sebagai Titik Awal Pendidikan Karakter Unggul.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2 (2019): 154. https://doi.org/10.46445/ ejti.v3i2.135.

Siahaan, Harls Evan R. “Karakteristik Pentakostalisme Menurut Kisah Para Rasul.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (November 4, 2017): 12. https:// doi.org/10.30648/dun.v2i1.132.

Sidjabat, Binsen S. “Penguatan Guru Pak Untuk Pendidikan Karakter :” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 3 (2019): 30–48.

Sidjabat, Binsen Samuel. “Kerangka Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi Character-Based Christian Religious Education Curriculum Framework in Higher Education” 17, no. 1 (2019): 73–90. https://doi.org/ 10.25278/jj.v17i1.314.

Soesilo, Yushak. “KELUARGA ELI DALAM 1 SAMUEL 2:11-36: SUATU EVALUASI PENDIDIKAN KRISTEN DALAM KELUARGA HAMBA TUHAN.” Antusias: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 3, no. 5 (2014): 136–46. https://sttintheos. ac.id/e-journal/index.php/antusias/ article/view/17.

———. “Penggunaan Rotan Dalam Pendisiplinan Anak Menurut Kitab Amsal 23:13-14.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (September 1, 2016): 1. https://doi.org/10.30648/dun.v1i1. 98.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–31. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.


Article Metrics

Abstract view : 1977 times
PDF - 1435 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan




View My Stats

Jurnal Antusias telah terdaftar di situs:


Copyright © Jurnal Antusias 2016. All Rights Reserved.

p-ISSN : 2087-7927.