Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-raja 3:1-15
Abstract
Di dalam sutdi Perjanjian Lama, hikmat menjadi bagian yang terpenting dalam aktualisasi hidup tokoh yang berhasil. Di antara tokoh tersebut adalah Salomo yang disebut sebagai orang yang paling berhikmat, sehingga pada zamannya ia tidak tertandingi dalam banyak hal mencakup seluruh aspek kehidupan mausia saat itu. Intinya, Perjanjian Lama menunjukkan nilai lebih yang diberikan oleh hikmat yang tidak dapat dilakukan oleh orang pada umumnya. Kajian ini merupakan penelitian teks 1 Raja-Raja 3:1-15 tentang hikmat yang diperoleh Salomo. Hikmat yang diberikan oleh Allah pada waktu itu pada hakikatnya adalah sebuah jawaban atas permintaan Salomo tentang hati yang mendengar atau dengar-dengaran. Di sisi lain, Pendidikan Kristen hadir untuk mendidik peserta didik memiliki sikap hati yang tunduk, mendengar kepada firman Tuhan. Studi ini bertujuan untuk menunjukkan pencapaian hidup yang berkualitas oleh hikmat melalui Pendidikan Kristiani.
In the Old Testament study, wisdom becomes a most important theme of succeesful men’s actualizing live. It is Solomon as a wisest man of his time, so none could stand against, in many things involving whole life’s aspect. The point is, Old Testament shows superior value given by wisdom which people couldn’t do in general. This study is a textual research on 1 Kings 3:1-15 which about Solomon’s acquiring wisdom. God’s giving wisdom basically is a response on what Solomon asked before, that is about a hearing heart. On the other side, Christianity Education is existing to educate people for having a heart of obey, to hear God’s Word. This study is aiming to show achieving life’s quality by wisdom through Christianity Education.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.30648/dun.v1i1.99
Article Metrics
Abstract view : 3171 timesPDF - 2062 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Dunamis: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.